Pengidap diabetes jangan anggap remeh gigi goyang

ilustrasi pemeriksaan gigi (ANTARA/Iggoy el Fitra)

Gigi yang goyang adalah ciri khas dari penderita diabetes melitus yang tidak merawat diri dengan mengontrol kadar gula darahnya."
Jakarta (ANTARA News) - Penderita diabetes lebih berisiko mengalami gigi yang goyang, kata Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Prof. Bambang Irawan, saat jumpa pers di Jakarta, Senin.

Menurut Bambang, penderita diabetes pada umumnya mengalami hambatan pada aliran darah yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi.

"Alirkan darah yang menuju gigi pasti akan ikut terganggu, sehingga ini menyebabkan gigi menjadi goyang," kata Bambang.

Dia mengemukakan gigi penderita diabetes yang goyang tersebut bisa terjadi meskipun tidak terjadi kebolongan pada gigi.

"Kalau sudah goyang, gigi tidak lagi bisa dipertahankan sehingga harus dilakukan proses pencabutan," kata Bambang..

Dia juga mengemukakan bahwa sebelum menjalani pencabutan gigi, penderita diabetes harus menormalkan kadar gula darahnya.

"Gigi yang goyang adalah ciri khas dari penderita diabetes melitus yang tidak merawat diri dengan mengontrol kadar gula darahnya," kata Bambang.

Lebih lanjut dia  menekankan pentingnya mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes, agar selalu berada dalam batas normal.

"Bila gula darah tidak terkontrol dengan baik, tidak hanya gigi yang goyang dan harus dicabut. Gusi pun akan menjadi rusak dan menganggu kesehatan tubuh lainnya," imbuh Bambang.

(M048) Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Infoimunisasi.com ingatkan ibu jadwal imunisasi bayiPT Bio Farma (Persero) memperkenalkan program kampanye terbarunya yaitu infoimunisasi.com yang berguna untuk ...

Molekul terkait kegemukan ditemukanAhli mikrobiologi molekuler menemukan molekul yang terkait dengan kegemukan alias obesitas. Memang bukan pada manusia, ...



View the original article here



Peliculas Online

Previous
Next Post »
0 Komentar