Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Kopi adalah salah satu minuman berbahan dasar dari alam. Sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.


Secara umum, terdapat dua jenis biji kopi, yaitu arabika (kualitas terbaik) dan robusta. Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.[rujukan?] Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung

Sebagai salah satu minuman yang paling populer di seantero dunia, kopi memiliki banyak sekali khasiat, meskipun juga dapat menimbulkan bahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan, baca bahaya minum kopi. Tapi, selama dikonsumsi secara bijak, tentunya manfaatnya akan kita dapatkan diantaranya sebagai berikut. 

Beberapa Manfaat minum kopi untuk kesehatan : 

1. Melindungi jantung dan mencegah stroke
Kopi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu menahan efek buruk peradangan pada arteri. Dan para peminum kopi hitam sebanyak 1-2 gelas perhari memiliki risiko stroke yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. 

2. Mengurangi resiko diabetes
Menurut sebuah penelitian yang dihajat American Journal of Clinical Nutrition, kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kandungan zat dalam kopi, menurut mereka, dapat membantu mengatur kadar glukosa dalam darah, dan karenanya, diabetes pun enyah. Dalam studi-studi yang lainnya terkait hubungan antara kopi dan diabetes juga ditemukan bahwa meminum kopi sebelum makan atau ketika perut dalam keadaan kosong bisa berguna menurunkan kadar gula darah turun naik sampai dengan 50% 

3. Menjaga kesehatan hati
Berdasarkan pada satu analisa dari sembilan buah penelitian menemukan bahwa kopi bisa menurunkan risiko kanker hati sebanyak 43%. 

4. Meningkatkan kekuatan otak
Minum kopi secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko demensia dan Alzheimer, sama halnya seperti Parkinson. Antioksidan yang terkandung di dalam kopi menangkal kerusakan sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih maksimal sehingga otak bekerja lebih baik. 

5. Membantu menghilangkan sakit kepala
Penelitian membuktikan, 200 miligram kafein dapat membantu menghilangkan sakit kepala, termasuk migrain. 

6. Membantu proses pembakaran lemak
Para peneliti dari Australian Institute of Sport, seperti disebutkan dalam Good Health, menemukan bahwa satu cangkir kopi dapat memicu otot untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi, ketimbang karbohidrat. Fakta lain, menurut Dr. Michael Colgan, penulis Optimum Sports Nutrition, seperti dirilis Live Strong, pembakaran lemak dapat meningkat hingga 100 persen bila mengonsumsi kafein sebelum olahraga. 

7. Membuat daya tahan lebih baik
Para peneliti juga menjumpai bahwa pesepeda yang dibolehkan menyesap kopi saat sedang mengayuh sepeda, mampu berjalan lebih jauh ketimbang yang hanya minum air. Penelitian dari Inggris menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot kaki. 

8. Mencegah kanker kulit 

Beberapa manfaat kopi untuk kecantikan : 

1. Menetralkan kulit yang teriritasi
2. Memberi nutrisi dalam kulit
3. Menghilangkan bekas jerawat, plek, dan noda hitam pada wajah
4. Mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki jaringan kulit rusak.
5. menghilangkan bau badan 

Cara pemakaiannya bermacam-macam ada yang buat masker, scrub, atau dicampur dengan bahan lain yang nantinya akan saya bahas pada postingan berikutnya berjudul manfaat kopi untuk kecantikan. Meskipun banyak manfaat minum kopi, akan tetapi kita harus mengonsumsinya secara bijak tidak lebih dari 3 gelas perhari dan imbangi dengan konsumsi air putih 8 gelas perhari karena selain menyimpan manfaat kopi juga bisa berbahaya jika penggunaannya tidak tepat, coba anda baca artikel sebelumnya mengenai bahaya kopi

Previous
Next Post »
0 Komentar