Perempuan Penemu Minuman Bubble Tea yang Mendunia

Minuman Bahan Alam - Liu Han-Chieh, yang merupakan pendiri Chun Shui Tang Tea House, dikenal sebagai perempuan yang menemukan Bubble Tea.

Setiap orang rasanya mengenal Bubble Tea. Minuman yang menyegarkan ini berasal dari teh yang dicampur dengan jelly warna hitam yang kemudian dimix dengan cara diblender.

Banyak spekulasi yang saling mengklaim tentang siapa yang menemukan minuman yang telah mendunia ini. Namun, di antara spekulasi tersebut ada satu gerai teh dan pemiliknya yang secara umum dianggap dan diterima sebagai penemu minuman nikmat tersebut.

 

Kalau kebetulan berwisata ke Taiwan, wisatwan bisa menemukan ada sebuah kedai minuman yang bernama Chun Shui Tang Tea House di kawasan Taichung, Taiwan. Liu Han-Chieh, yang merupakan pendiri Chun Shui, dikenal sebagai perempuan yang menemukan bubble tea.

Seperti dilansir laman CNN Go, ide membuat bubble tea datang padanya di awal 1980-an pada saat wanita ini mengunjungi Jepang. Perempuan ini menyaksikan banyak masyarakat negeri matahari terbit yang meminuman kopi dingin.

Saat kembali ke Taiwan, Han-Chieh kemudian mencoba minuman teh yang disajikan dingin. Dalam sebuah rapat, Lin Hsiu Hui yang merupakan manajer pengembangan perusahaannya, membuka makanan pencuci mulut yang berupa puding khas Taiwan yang terbuat dari tepung tapioka dengan rasa manis.

Iseng, Hui kemudian mencampur potongan puding itu ke dalam es teh dan meminumnya. Inilah yang kemudian dikenal sebagai cikal bakal minuman bubble tea yang terkenal ke seluruh dunia.

"Semua orang di rapat itu menyukai campuran teh dengan puding tapioka itu. Kami memutuskan mencoba menjualnya di gerai teh kami. Hasilnya fantastis. Teh kami ludes dalam waktu singkat," kata Hui.

Bahkan setelah 25 tahun, kini bubble tea menyumbang pemasukkan 80-90 persen di gerai teh Hui dan menjadi minuman kebanggaan Taiwan. Sekarang, kedai bubble tea bisa ditemui di sudut-sudut jalan di Taiwan dan sejumlah negara lainnya.

Previous
Next Post »
0 Komentar