Cara Membuat Minuman Kopi Luwak

Minuman Bahan Alam - Membuat Minuman Kopi Luwak. Panduan berikut ini adalah bagi anda yang ingin membuat kopi Luwak bubuk secara tradisional dari biji kopi Luwak yang sudah di bersihkan dan di keringkan atau sering di sebut sebagai “kopi Luwak green beans.”

Walaupun prosesnya terbilang tradisional akan tetapi beberapa orang meyakini bahwa hasil pengolahan dengan cara ini tidak kalah dengan teknik pembuatan dengan mesin modern. Prosesnya terbilang mudah dan semua orang bisa melakukannya. Hasilnya pun di jamin tetap baik dimana rasa dan aroma kopi Luwak asli tetap terjaga.

 

Peralatan yang di butuhkan adalah wajan, dan kompor untuk memanggang/menyangrai biji kopi serta lumpang atau penumbuk dari kayu untuk menumbuk biji kopi yang sudah di panggang.

Sebelum di sangrai biji kopi harus di sortir terlebih dahulu. Usahakan ukuran biji kopi yang di sangrai seragam agar tingkat kematangannya merata. Setelah itu cuci biji kopi dengan air hingga air buangannya bersih dan jemur sampai kering untuk mengurangi kadar air untuk mengurangi waktu penyangraian. Jangan lupa untuk membuang biji kopi yang cacat seperti pecah dan retak karena akan menyebabkan aroma tidak sedap ketika proses penyangraian. Setelah kering biji kopi siap untuk di sangrai.

Ketika awal proses menyangrai biji kopi pastikan api yang digunakan cukup besar. Panaskan wajan kemudian masukkan biji kopi yang sudah di sortir dan di keringkan tadi ke dalam wajan. Aduk biji kopi secara terus menerus. Kecilkan api ketika biji kopi sudah mulai berwarna kecoklatan dan mulai terdengar bunyi biji kopi retak untuk pertama kalinya. Bunyi retakan biji kopi menandakan bahwa biji kopi mulai matang dan anda tinggal menyesuaikan tingkat kematangan biji kopi berdasarkan warna biji kopi yang di sangrai. Akan lebih mudah menentukan apakah biji kopi sudah mencapai tingkat kematangan yang diinginkan jika anda memiliki contoh biji kopi yang sudah matang karena anda tinggal membandingkan warnanya saja.

Langkah selanjutnya tentunya adalah membuat biji kopi yang sudah matang menjadi bubuk kopi Luwak asli yang siap di seduh. Caranya gampang, tinggal tumbuk biji kopi Luwak yang sudah matang menggunakan Lumpang kayu hingga menjadi bubuk kemudian saring menggunakan saringan untuk mendapatkan bubuk kopi Luwak yang halus.

Jangan lupa untuk menyimpan bubuk kopi Luwak yang sudah jadi ke dalam wadah tertutup dan simpan di tempat yang tidak lembab tapi tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jika di simpan dengan benar kopi Luwak hasil pengolahan anda sendiri akan tetap segar dan beraroma kuat hingga jangka waktu seminggu.

Enaknya jika kita menggunakan biji kopi Luwak adalah kita tidak perlu lagi mengkhawatirkan kualitas biji kopi yang kita olah karena sudah pasti biji kopi yang di makan oleh Luwak adalah biji kopi dengan kualitas nomer satu.

Sumber : http://www.jvwcoffee.com
Previous
Next Post »
0 Komentar