Kopi dan Manfaatnya Buat Kesehatan

Minuman Bahan Alam - Kopi dan Manfaatnya Buat Kesehatan. Perdebatan tentang manfaat kopi masih berlangsung, dari yang membuat baik sampai yang merugikan seperti, naiknya tekanan darah, insomnia. Tapi penelitian terakhir membawa kabar baik bagi pecinta kopi, seperti dilansir oleh onemedical.


1. Kopi mengandung antioksidan yang sehat
Bahkan kopi mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan teh hijau dan cocoa.
2. Kafein bisa mendongkrak sementara kemampuan memori
Kafein membuat efek di area tertentu pada otak yang mengatur daya ingat dan konsentrasi, meskipun masih belum diketahui sampai berapa lama.
3. Kopi bisa melindungi dari penurunan kemampuan kognitif
Minum kopi secara teratur dapat mencegah penyakit Alzheimer dan jenis dimensia yang lain. Riset menemukan bahwa minum 3 – 5 gelas kopi setiap hari dapat menurunkan 65% resiko Alzheimer dan dimensia.
4. Kopi sehat buat jantung
Studi menunjukkan 37rb orang selama 13 tahun, mereka yang minum kopi 2 sampai 4 cangkir setiap hari 20% lebih rendah terkena penyakit jantung.
5. Kopi bisa mencegah tipe kanker tertentu
Pria yang minum kopi lebih rendah resiko terkena kanker prostat. Dan riset di Harvard School of Public Health menunjukan wanita yang minum 4 sampai 5 cangkir sehari menurunkan resiko 25% terkena kanker endometrial.
6. Kopi bisa mengurangi resiko terkena diabetes type 2
Studi tahun 2009 menunjukkan penurunan sebanyak 7% pada mereka yang minum secangkir setiap hari. Penelitian sebelumnya melaporkan penurunan 50% pada mereka yang minum 4 cangkir setiap hari.
7. Kopi baik untuk liver
Selain menurunkan resiko kanker hati juga menurunkan sirosis hati. Studi Archives of Internal Medicine menunjukkan hubungan terbalik antara banyaknya kopi yang diminum dan turunnya resiko sirosis hati.
8. Kopi bisa membantu meningkatkan stamina olah raga
Riset terakhir menunjukkan meminum 5 cangkir sehari (setara 500mg) tidak cukup mendehidrasi seseorang saat berolah raga, kopi bisa melawan lelah.
9. Kopi melawan depresi
Kopi baik untuk melawan depresi pada pria maupun wanita.
10. Kopi melindungi dari asam urat
Studi independen menemukan minum kopi tiap hari menurunkan resiko terkena asam urat. Peneliti di Nurses’ Health menganalisa sebanyak 90000 perawat wanita selama waktu 26 tahun menemukan korelasi positif antara konsumsi kopi jangka panjang dan penurunan resiko asam urat.


Previous
Next Post »
0 Komentar