Hidup Sehat Dengan Jus Jambu Batu

Jus Jambu Batu, merupakan olahan minuman sehat dari buah jambu batu. Nama latinnya adalah psidium guajava L, atau sering disebut jambu biji. Nama lain jambu batu adalah: Jambu klutuk, tokal, jambu biawas, glima breueh, kojabas, jambu krutuk, kayawese, dan fan shi liu gan.
Di pasaran tanah air, banyak dikenal beragam jenis jambu batu. Di antaranya: jambu Australia dari Australia, Jambu Pasarminggu Susu Putih dan Jambu Pasarminggu Merah yang merupakan ras lokal Indonesia, Jambu Sukun “tanpa biji” yang tahan hama, Jambu Bangkok dan Jambu Sari dari Thailand yang berbuah besar dan bulat.



Kandungan Vitamin dan Manfaat Jus Jambu Batu
Kandungan vitamin dan gizi jambu batu bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan. Manfaat utama jus buah jambu adalah:
1.    Mencegah keropos tulan
2.    Menurunkan koresterol dalam darah
3.    Mencegah resiko kanker
4.    Memperlancar sirkulasi darah dan pencernaan
5.    Mengobati sariawan.
Vitamin C dalam buah jambu matang akan lebih banyak daripada buah jeruk, terutama di bagian daging luar dan kulitnya. Malah bisa mencapai sekitar 10 lipat dari pepaya dan antara 10-30 lipat banyaknya dari pisang. Tentunya dengan mengkonsumsi jus jambu akan mencukupi kebutuhan harian vitamin C bagi tubuh kita.
Buah jambu akan lebih bermanfaat jika disuguhkan dalam olahan jus daripada dimakan langsung berbentuk utuh. Segelas jus jambu batu yang dikonsumsi dengan teratur berpotensi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat pektin berguna untuk menjerat asam empedu dan koresterol, lalu mengeluarkannya dari tubuh. Sangat berguna juga untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.
1.    Kalium buah jambu dapat meningkatkan aktivitas kontraksi otot-otot, menstabilkan denyut jantung, dan melancarkan distribusi gizi ke sel-sel tubuh. Rasa sepat jambu batu, disebut tanin, berguna untuk kelancaran pencernaan, sirkulasi aliran darah, dan membunuh beberapa jenis virus.
2.    Likopen, tepatnya unsur karotenoid, berupa antioksidan untuk meningkatkan stamina tubuh dan mengurangi resiko kanker. Jenis jambu biji berwarna merah memiliki banyak sekali kandungan karotenoid.
Bagi yang menderita DBD atau demam berdarah dengue, jambu batu diblender sampai halus dan disaring. Konsumsi jus ini dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Bukan hanya DBD, jika kita merasa sekedar kepala pusing akibat kekurangan sel darah merah, sebaiknya segera meminum jus ini.
Agar kita memiliki gaya hidup sehat dengan minuman sehat dan segar. Maka ambil dua buah jambu biji merah, masukan blender dicampur air es secukupnya. Saring hasil blenderan, lalu campurkan susu kental putih sebagai pemanis sesuai selera. Dan nikmati minuman dingin menyehatkan.
Selain itu, daun jambu termasuk obat tradisional, karena mengandung minyak asiri, kadar lemak, unsur samak, asam apsel, damar, dan triterpinoid. Bermanfaat pula untuk menghentikan pendarahan akibat luka, dengan cara dikunyah lalu ditempelkan pada luka. Dengan pengolahan tertentu, daun jambu berguna untuk keputihan bagi wanita, perut kembung, dan sakit kulit.

Potensi Bisnis Jus Jambu Batu
Jus jambu batu dan manisan jambu memiliki peluang bisnis minuman dan makanan sehat. Dengan bahan baku yang sederhana, seperti buah jambu, gula pasir, tawas, air putih, dan susu kental. Sebagai bahan studi banding, BKM Sukaresmi di Kota Bogor telah mengembangkan bisnis ini dengan baik.
Diolah dengan benar, rasa yang nikmat dan harga terjangkau membuat bisnis ini menggiurkan para wirausahawan yang kreatif melihat peluang. Menciptakan lapangan kerja di masyarakat dan meningkatkan ekonomi para petani jambu. Bahkan bisa menjadi salah satu produk makanan dan minuman unggulan daerah.
Kedahsyatan yang dimiliki oleh Jus buah jambu, menuntut Anda untuk lebih kreatif mengolah agar lebih menarik, membangkitkan selera, nikmat dan lezat. Meningkatkan kesehatan serta membuka peluang lapangan kerja.
Selamat berkreasi!

Sumber : http://www.anneahira.com/jus-jambu-batu.htm
Previous
Next Post »
0 Komentar