Maraknya Minuman Susu Cair Dengan Harga Ekonomis

Dua Tahun belakangan ini, persaingan di bisnis minuman susu cair semakin marak. Langkah inovatif yang dilakukan oleh Real Good dengan kemasan susu bantalnya yang ekonomis nampaknya berhasil menggenjot pasar susu yang terkesan tak berkembang selama beberapa tahun itu. Dalam gebrakannya kala itu, susu Real Good yang diproduksi oleh PT. Greenfields Indonesia meluncurkan suatu produk yang dikemas dalam kemasan tetra yang bentuknya menyerupai bentuk bantal. Kemasan ini diproduksi oleh Tetra Pak. Jenis kemasan ini disebut sebagai Tetra Fino. Konon karena harganya jauh lebih ekonomis ketimbang jenis kemasan tetra lainnya, seperti Tetra Brik (kemasan kotak) ataupun Terta Wedges (kemasan genggam), maka produk yang dikemas dalam kemasan ini memungkinkan untuk dijual dengan harga lebih ekonomis ketimbang kedua kemasan Tetra lainnya.


Langkah Real Good yang cukup cerdik ini tentunya membuat para pemain lama di bisnis susu cair tak tinggal diam. Dalam hitungan beberapa bulan saja, PT. Ultrajaya Milk Industry, juga meluncurkan susu yang dikemas dalam bentuk kemasan yang sama, yang diberi brand sebagai Susu Sehat. Pemain sus cair lain yang berasal dari Belanda yaitu Susu Bendera (Frisian Flag) pun tak tinggal diam, melalui second brandnya, yaitu Yes!, juga meluncurkan produk yang sama. Hanya Indomilk yang nampaknya masih enggan untuk terjun ke bisnis susu dengan kemasan Tetra Fino ini.

Selain kemasan, tentunya berat bersih produk juga memegang peranan penting dalam masalah penetapan harga. Karena itu, ketiga produsen ini, hanya memuat volume dibawah 200 ml. Hanya Susu Sehat dari Ultrajaya saja yang menawarkan on pack promotion berupa tambahan 10% dari beras bersih yang 180 ml. Beberapa saat lalu, bahkan Real Good secara spektakuler juga meluncurkan kemasan bantal mini yang hanya memiliki berat bersih hanya 90 ml dengan HET dibawah Rp. 1000.

Mengingat susu identik dengan Gizi, baik Real Good, Susu Sehat dan Yes!, ketiganya mengklaim produk susunya mengandung Zat Mineral dan Vitamin yang ditampilkan melalui icon di panel depan kemasannya. Dalam kemasannya itu, nampak Real Good yang paling dominan mengklain kandungan gizinya itu dalam bentuk icon yang besar dengan tulisan yang mencolok. Namun demikian tidak semua produsen menggunakan susu tersebut menggunakan gula asli sebagai pemanisnya, ada yang menggunakan pemanis buatan berupa Asesulfam K.



Semoga dengan semakin maraknya bisnis susu cair ekonomis ini, akan membuat semakin banyak anak Indonesia yang dapat menikmati produk susu dan susu tidak lagi menjadi minuman sehat bagi hanya anak anak kelas menengah atas saja.

Sumber : http://beverages-solutions.blogspot.com/2010/09/maraknya-minuman-susu-cair-dengan-harga.html
Previous
Next Post »
0 Komentar