Minuman Coklat, Si Lezat Bermanfaat

Siapa tidak mengenal coklat? Si lezat bermanfaat ini hadir dalam berbagai bentuk. Mulai dari coklat batangan, sebagai toping es krim, selai coklat, hingga minuman coklat. Tahukah Anda bahwa minuman coklat sudah dikenal sejak beribu-ribu tahun yang lalu? 3500 tahun yang lalu di Mesoamerika, coklat merupakan minuman favorit. Bahkan pada awalnya minuman coklat hanya dikonsumsi oleh raja. Mereka meminum coklat untuk penyembuhan, memberikan energi, serta sebagai simbol dalam upacara keagamaan di kerajaan.
Kepopuleran minuman coklat menyebar hingga ke benua lain. Sejak saat itu minuman coklat memiliki banyak variasi, misalnya dengan penambahan gula, susu, vanila atau bahan lainnya. Produksi masal coklat membuat semakin banyak kalangan menikmati kelezatannya. Pada tahun 1600 coklat pertama kali dikonsumsi dengan cara dimakan. Coklat digunakan sebagai bahan campuran di kue dan sejenisnya.


Manfaat Cokelat
Selain lezat, coklat memiliki banyak manfaat. Coklat mengandung konsentrasi flavonoid yang tinggi. Flavonoid bermanfaat bagi pembuluh darah dan jantung. Berikut ini beberapa manfaat coklat:
•    Sebagai antioksidan, dimana kandungan flavonoid di dalamnya membantu pertahanan tubuh melawan radikal bebas dan melindungi jantung.
•    Meningkatkan HDL (kolesterol baik).
•    Mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah.
•    Mengurangi resiko tekanan darah tinggi dengan melancarkan sirkulasi darah.
•    Mengurangi resiko penyakit jantung.
•    Memperbaiki mood dengan cara meningkatkan serotonin dalam otak yang membantu memperbaiki depresi.
•    Meningkatkan pelepasan hormon endorphin dari otak yang menghasilkan rasa nyaman.
Coklat mengandung banyak vitamin dan mineral, diantaranya adalah tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niacin, vitamin B6, folat, selenium, zat besi, magnesium, potasium, seng, tembaga, vitamin D, vitamin A dan kalsium. Kandungan vitamin dan mineral di dalam coklat dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh dapat bekerja optimal dan metabolisme energi berjalan dengan baik.
Resep Coklat Bangsa Maya
Seperti apa kira-kira rasa minuman coklat yang diminum bangsa Maya di Mesoamerica pada zaman dahulu? Mereka mencampur minuman coklat dengan rempah-rempah. Nah, kini Anda dapat mencobanya sendiri di rumah. Berikut ini langkah-langkahnya.
Bahan:
1 cangkir susu
3 sendok makan bubuk coklat instan
1 sendok teh kayu manis
1 jumput bubuk lada
Cara membuat:
•    Campur bubuk coklat, kayu manis dan lada dengan air panas dalam sebuah mug.
•    Tuangkan susu pada wadah tahan panas kemudian panaskan di microwave hingga mendidih sekitar 2 menit.
•    Tuangkan susu pada campuran coklat di mug sambil diaduk.
•    Nikmati selagi hangat.


Sumber : http://www.anneahira.com
Previous
Next Post »
0 Komentar