SIRUP KELOPAK BUNGA ROSELLA BERVITAMIN C

Saat ini, di pasaran banyak beredar jenis minuman yang telah diolah dengan berbagai cara dengan tujuan memberikan variasi dalam menu sehari-hari. Beberapa diantaranya seringkali diberi pewarna untuk menarik konsumen agar mereka membelinya. Salah satu alternatif untuk membuat minuman yang bervitamin tetapi tidak berbahaya bagi tubuh manusia adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti kelopak bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L) sebagai bahan baku pembuatan minuman.


Salah satu produk konsumtif yang sedang trend dan punya prospek bisnis bagus di tengah krisis ekonomi adalah pembuatan minuman sehat yang terjangkau, misalnya sirup. Dilihat dari proses teknologinya, pembuatan jenis minuman ini masih dapat dikerjakan di dalam laboratorium kampus dan industri rumah tangga (home industri). Di pasaran sudah banyak beredar minuman sehat dalam bentuk cair, serbuk, padat, atau campuran dalam berbagai merek. Namun, harganya relatif mahal dan kurang memperhatikan kesehatan
Selama ini tumbuhan Rosella dikenal sebagai salah satu penghasil serat bermutu, yang bisa dimanfaatkan adalah daun, buah dan bunganya. Sampai saat ini Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L) dimanfaatkan kelopak bunganya sebagai bahan pembuatan teh. Saat ini masyarakat Indonesia mulai mengembangkan kelopak bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L) menjadi minuman teh yang sehat dan sambutan konsumen dengan adanya teh dari kelopak bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L) tersebut cukup memuaskan.
Dengan adanya teh dari kelopak bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L), maka kemungkinan dibuatnya jenis minuman lain dengan bahan baku kelopak bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L) semakin besar. Dalam hal ini sirup dapat dijadikan alternative sebagai minuman sehat selain teh Ini dikarenakan sirup dengan bahan kelopak bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L) banyak mengandung vitamin C. Sirup kelopak bunga Rosella juga tidak membahayakan tubuh manusia karena tidak menggunakan bahan pewarna sintetis.
Sirup dari kelopak bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L) mempunyai proses produksi yang tidak rumit. Walaupun produk minuman dari bahan kelopak bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L) seperti teh sudah membanjiri pasar, karakteristik konsumen Indonesia yang ingin mencoba minuman menyehatkan dengan bahan dasar yang sama tetapi dalam bentuk yang berbeda seperti sirup memberikan peluang yang menjanjikan. Keistimewaan sirup Rosella, selain mengandung kandungan vitamin cukup tinggi, rasanya pun enak. Daya jual sirup dengan bahan baku kelopak bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L) di Indonesia dipastikan cukup tinggi karena sirup ini sangat menyehatkan bagi orang yang meminumnya serta tidak membahayakan kesehatan manusia.
Previous
Next Post »
0 Komentar